Denah Rumah Minimalis 1 Lantai

Denah Rumah Minimalis 1 Lantai: Variasi 2 Hingga 5 Kamar Tidur (Terbaru 2020)

Memiliki rumah yang besar memang sangat menyenangkan, namun budget yang dibutuhkan pun tentu tak main-main. Selain mempersiapkan tabungan yang cukup, kamu juga harus memiliki lahan yang luas untuk membangun rumah impian.

Jika lahan yang kamu miliki hanya berukuran 6 x 10 m² atau 6 x 15 m², sebaiknya urungkan niatmu untuk memiliki rumah yang besar. Lahan dengan luas tersebut hanya cukup untuk membangun rumah sederhana yang memiliki 2 – 3 kamar tidur saja.

Eits, jangan kuatir dulu! Meskipun lahan yang kamu miliki sempit, bukan berarti rumah yang kamu bangun tidak nyaman untuk ditempati. Kamu bisa mulai merancang desain rumah minimalis dengan bagian-bagian tertentu di dalamnya.

Nah, karena kamu (mungkin) bukanlah orang yang ahli dalam mendesain rumah. Berbagai contoh denah rumah minimalis  1 lantai ini bisa jadi inspirasi untuk kamu yang ingin membuat atau membangun rumah idaman.

Denah Rumah Minimalis 1 Lantai (Ukuran Tanah 6×10)


via lingkarwarna.com

Tak usah berkecil hati jika lahan yang dimiliki tidak terlalu luas. Meskipun rumahnya tidak terlalu besar, namun kamu bisa mengoptimalkan fungsi di setiap bagian-bagiannya. Contohnya saja seperti denah di atas.

Rumah dengan 2 kamar tidur ini bisa kamu bangun di atas lahan yang berukuran hanya 6 x 10 m². Ideal untuk dibangun di daerah perkotaan padat penduduk dengan lahan yang terbatas.

Dari segi ukuran pun sebenarnya bisa dibilang tidak terlalu sempit, masih sangat cocok untuk pasangan yang baru menikah.

Jika ingin menciptakan penghijauan pada rumah, kamu bisa memilih area depan dan belakang untuk membuat taman dengan ukuran mini.

Buat taman yang lebih luas di bagian depan agar rumah terlihat lebih hijau dan asri.

via lingkarwarna.com

Konsepnya denah ini masih sama seperti denah pertama tadi. Dimana rumah dilengkapi dengan 2 kamar tidur, ruang tamu dan ruang makan yang dibuat dalam 1 ruangan, juga dapur kecil di bagian belakang.

Bedanya, denah rumah ini dilengkapi garasi mobil di bagian depan. Garasi dibuat dengan konsep carport (garasi terbuka) sekaligus digunakan sebagai pintu utama keluar masuk rumah.

Bagian taman sengaja diletakkan di area belakang dan depan untuk memaksimalkan penghijauan. Taman juga bisa digunakan untuk tempat bermain anak.

Karena sudah tidak ada sisa lahan yang bisa digunakan, bagian taman belakang bisa kamu alihkan untuk fungsi yang lainnya, seperti tempat menjemur pakaian dan lain-lain.

Denah Rumah Minimalis 1 Lantai (Ukuran Tanah 6×15)


via lingkarwarna.com

Denah rumah berukuran 6 x 15 m² ini cocok untuk kamu yang ingin menciptakan rumah hijau dengan bagian taman yang lebih lapang.

Taman menjadi salah satu elemen yang cukup penting pada konsep bangunan minimalis. Fungsinya digunakan sebagai tempat penghijauan agar rumah terasa lebih sejuk dan nyaman.

Selain taman, area depan juga bisa kamu buat carport (garasi terbuka) yang berada tepat di depan teras pintu keluar masuk.

Nah untuk bagian carport, kamu bisa menambahkan kanopi sebagai pelindung saat hujan maupun panas.

via pinterest.com

Punya 2 anak yang mulai beranjak remaja? Contoh denah rumah di atas bisa jadi pilihannya.

Denah di atas memiliki ukuran yang sama dengan gambar sebelumnya, namun sengaja dibuat dengan 3 kamar sekaligus.

Denah rumah seperti ini sangat disukai keluarga Indonesia terutama untuk yang sudah menikah.Memaksimalkan fungsi ruangan dengan mengurangi bagian taman di area belakang.

Dilengkapi 3 kamar tidur, dapur kecil, ruang makan, ruang tamu yang juga berfungsi sebagai ruang keluarga.

Juga tersedia carport, dan area taman di bagian depan dan belakang hunian ini.

Alternatif lain? ya tentu ada.

Selain 2 kamar tidur, kamu juga bisa membuat rumah dengan ukuran 6 x 15 m² menjadi 3 kamar tidur seperti sketsa desain dari video diatas ini.

Karena luas bangunannya lebih besar, taman bukan opsi penting yang harus dimiliki. Pilihan lainnya adalah dengan menciptakan ruang terbuka di bagian ruang tamu yang langsung dihubungkan ke carport.

Denah Rumah Minimalis 1 Lantai (Ukuran Tanah 8×12)


via denahom.blogspot.com

Rumah dengan 3 kamar tidur memang lebih ideal untuk keluarga yang sudah menikah. Anak-anak bisa memiliki kamar tidur sendiri tanpa mengurangi fungsi ruangan lain.

Pada denah rumah diatas, dapat dilihat bahwa ruang tamunya menyatu hingga ke ruang makan. Hal ini bertujuan agar rumah terlihat lebih luas dan nyaman untuk ditempati.

Bagian depannya sendiri dimaksimalkan untuk carport, halaman, dan taman. Sedangkan untuk bagian belakang bisa  difungsikan sebagai tempat bermain anak, taman kecil, ataupun tempat jemuran.

Desain denah rumah seperti ini sangat pas untuk kamu yang tinggal di perkotaan dengan lahan yang minim.

via denahom.blogspot.com

Ingin punya rumah dengan konsep ruang terbuka tanpa banyak sekat di dalamnya? Nah, denah rumah di atas bisa juga dijadikan pilihan.

Ruang keluarga dibuat menyambung (tanpa sekat) jadi satu dengan ruang tamu agar rumah terlihat besar dan lapang. Disini terlihat bahwa ruang keluarga berukuran lebih besar dari ruang tamunya sendiri.

Selain menjadi area berkumpul bersama keluarga (misal: nonton TV bersama), ruangan ini juga bisa difungsikan sebagai tempat makan karena lokasinya yang berdekatan dengan dapur.

Rumah ini juga dilengkapi 2 teras di bagian depan dan belakang yang masing-masing disematkan taman-taman kecil.

Namun walaupun kecil, area hijau seperti ini penting demi menciptakan rumah yang sejuk dan nyaman.

via pinterest.com

Jika ingin memiliki banyak ruangan di dalam rumah, gambar denah rumah kali ini bisa jadi inspirasinya.

Kamu bisa membuat kamar tidur utama dengan bagian toilet di dalam. Sedangkan 2 kamar lainnya terpisah dengan bagian toilet di tengah.

Untuk menciptakan ruang terbuka, bagian dapur, ruang makan, dan ruang tamu bisa dibuat tanpa banyak sekat. Langsung menuju ke teras depan dan belakang.

Terlihat sangat nyaman untuk ditinggali bukan?

Denah Rumah Minimalis 1 Lantai (Ukuran Tanah 8×15)


via lingkarwarna.com

Bila lahannya sempit atau ukuran bangunannya tidak terlalu besar, maka sebaiknya jangan buat ruangan dengan banyak sekat di dalamnya.

Mengapa begitu? rumah minimalis dengan konsep ruang terbuka, tanpa banyak menggunakan sekat sebenarnya memiliki tujuan tertentu.

Bukan hanya dilihat dari segi estetika, namun fungsi open space ini juga dapat meningkatkan kenyamanan penghuninya.

Bayangkan jika rumahnya kecil kemudian penuh dengan sekat-sekat ruangan, pasti sangat tidak nyaman rasanya tinggal ditempat yang sempit berpetak-petak.

Itulah mengapa area seperti ruang tamu, ruang makan, dan dapur bisa dibuat tanpa sekat dan bisa menjadi sentra dari semua ruangan didalamnya.

Penggunaan furnitur berukuran ramping/kecil dan pemilihan warna cat tembok yang muda atau terang juga akan memberikan efek keluasan tersendiri pada ruangan.

Coba perhatikan, meskipun terdapat 3 kamar tidur dan 1 kamar asisten ruamah tangga di bagian belakang, namun dari denah hunian ini, kita bisa mendapatkan kesan yang luas di bagian dalamnya.

Denah Rumah Minimalis 2 Lantai (Ukuran Tanah 8×15)

via arcadiadesain.com

Jika masih bingung memilih denah yang pas, kamu juga bisa menjadikan denah di atas sebagai opsinya

Desain rumah 2 lantai ini, lebih memilih untuk memberikan ruang yang lega untuk akitifitas berkumpul bersama keluarga, seperti ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan. Semua aktifitas itu ditempatkan pada lantai 1.

Sedangkan untuk aktifitas yang lebih pribadi diletakkan di lantai 2, seperti ruang tidur, ruang baca.

via lingkarwarna.com

Memiliki 3 kamar tidur dan ruang tamu yang luas bukanlah hal mustahil untuk rumah minimalis berukuran kecil. Yang kamu butuhkan hanya lahan dengan ukuran 8 x 15 m².

Solusi lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghilangkan sekat pembatas antara ruang tamu dan ruang makan, demi menciptakan ruangan terbuka dan nampak lebih luas.

Gunakan pula furnitur minimalis yang berukuran langsing dan kecil agar ruangan tidak terlalu penuh sesak.

Denah Rumah Minimalis 1 Lantai (2 Kamar Tidur dan Garasi)


via dekoruma.com

Nah, untuk kamu yang ingin memiliki rumah minimalis dengan 2 kamar tidur dan carport, gambar denah di atas bisa kamu jadikan referensi.

Meskipun ukuran bangunannya tidak terlalu luas, namun kamu masih bisa menciptakan ruang luas yang serba guna.

Sama seperti model hunian sebelumnya, ruang luas disini melibatkan dapur, ruang makan, dan ruang tamu yang dibuat tanpa menggunakan sekat permanen yang terpetak-petak.

Jangan lupa untuk menghubungkan ketiga ruangan tersebut langsung ke toilet.

Untuk garasinya, sebaiknya gunakan carport atau garasi terbuka. Selain lebih hemat, model garasi ini juga bisa berfungsi untuk pintu keluar masuk rumah.

via hippwe.com

Tak mau ribet dalam urusan membagi ruangan? solusinya pilih denah yang satu ini. Dimana hanya ada 4 ruangan dengan ukuran yang sama besar.

Agar dapat menampilkan sisi ruangan supaya terlihat lebih longgar, hindari penggunaan sekat dinding antara ruang tamu dan ruang makan.

Namun bila sekat tetap menjadi pilihan, kamu bisa mengganti dinding (sekat permanen) dengan furnitur seperti lemari hias atau bufet yang tidak tebal, partisi ruangan yang artistik dan hiasan ruangan.

Hasilnya pasti akan terlihat lebih lapang dan nyaman.

Denah Rumah Minimalis 1 Lantai (3 Kamar Tidur dan Garasi)


via dekoruma.com

Rumah minimalis dengan 3 kamar tidur ini sangat pas bagi kamu yang sudah berkeluarga. Anak-anak bisa memiliki ruangan sendiri tanpa bergabung menjadi satu dengan ruang tidur orang tuanya.

Meskipun harus memperluas bangunan dengan mengurangi bagian halaman depan dan belakang, namun konsep rumah ini memungkinkan kamu untuk memiliki ruangan yang lebih banyak.

Kamu juga bisa membedakan setiap ruangan sesuai kebutuhan dan fungsinya masing-masing. Nah, jika masih ada ruangan yang tersisa, manfaat sebagai mushola atau ruang multifungsi lain.

Jika pun nanti punya bayi lagi, ruangan bisa dirombak sebagai kamar tidur anak tanpa harus menambah bagian lain.

via homeshabby.com

Jika biasanya garasi dihubungkan langsung dengan bagian teras depan, kali ini kamu bisa mengubahnya dengan tatanan yang berbeda.

Garasi bisa kamu hubungkan ke bagian dapur, dimana akan ada 2 pintu keluar masuk yang bisa digunakan dengan fungsi yang sama.

Khusus bagi yang Muslim, apakah kamu ingin memiliki mushola pribadi untuk tempat ibadah di rumah?

Nah jika iya, kamu juga masih bisa membuat ruangan kecil di samping kamar tidur sebagai musholanya.

Namun, jika ingin memiliki ruang keluarga yang lebih luas, bagian mushola itu bisa dihilangkan sehingga ruangan akan nampak lebih luas dan bisa jadi pusat dari semua ruangan.

via id.pinterest.com

Namun, bagaimana jika kamu memiliki 2 mobil dengan lahan yang sempit?

Tenang, kamu bisa mencari ide lain agar setiap ruangan berfungsi dengan baik, misalnya saja seperti solusi yang diberikan dalam gambar denah di atas.

Ruangan dibuat lebih luas di bagian garasi agar dapat menampung 2 mobil sekaligus. Sedangkan untuk bagian ruang tamu bisa digabung dengan dapur dan ruang makan tanpa sekat.

Kemudian, tambahkan bagian jendela sebagai ruang ventilasi agar udara dan cahaya bisa dengan bebas masuk ke dalam rumah.

Denah Rumah Minimalis 1 Lantai (4 Kamar Tidur dan Garasi)


via 99.co

Punya banyak keluarga namun lahannya terbatas? Tak perlu bingung, kamu pun masih bisa merencanakan konsep rumah dengan banyak kamar tidur sekaligus.

Karena rumah biasanya akan ditempati seumur hidup, alangkah lebih baik jika kamu membuat rancangan desain interior agar setiap ruangan berfungsi dengan baik.

Contohnya saja seperti denah rumah dengan 4 kamar tidur dan garasi seperti gambar diatas ini.

Jika lahan minim, kamu bisa memaksimalkannya pada luas bangunan. Penggunaan taman atau halaman sepertinya kurang cocok jika kamu menginginkan rumah dengan 4 kamar tidur sekaligus.

via 99.co

Ingin punya rumah dengan fasilitas kolam renang? Emm, sepertinya tidak jadi masalah jika kamu punya lahan besar dan budget yang lebih.

Tidak hanya kolam renang outdoor, kamu juga bisa menambahkan kolam renang indoor yang lebih private.

Kolam renang bisa diletakan di bagian belakang rumah. Sedangkan untuk kamar tidur, penggunaan toilet bisa diletakan di bagian dalam agar lebih mudah dan nyaman.

Untuk bagian depan, bisa dimaksimalkan untuk halaman dan tentunya juga garasi.

via blog.sman1pentagonkaur.sch.id

Tidak harus berkonsep rumah minimalis 2 lantai jika ingin kamar tidur yang lebih banyak.

Jika lahan memadai, rumah 1 lantai pun bisa kamu jadikan area dengan beberapa kamar tidur yang cukup untuk setiap anggota keluarga.

Contohnya seperti denah diatas, sebuah rumah idaman dengan 4 kamar tidur sekaligus.

Model yang satu ini, bagian tengahnya juga bisa mudah dibuat menjadi ruang untuk aktifitas bersama, bisa dijadikan penyokong sekaligus jantung dari hunian.

Selanjutnya, penambahan taman di area belakang akan menciptakan rumah yang sehat dan indah bagi pemiliknya.

via lingkarwarna.com

Punya lahan luas tapi bingung dengan konsep denahnya? Tenang, kamu tetap bisa memiliki rumah minimalis mewah dengan banyak ruang di dalamnya.

Rumah dengan 4 kamar tidur seperti ini memang lebih ideal untuk keluarga yang cukup besar. Dimana akan ada banyak tempat tidur yang bisa digunakan secara terpisah.

Bukan hanya kamar tidurnya yang banyak, kamu juga bisa membuat ruangan sesuai dengan fungsinya.

Jangan lupa untuk selalu menciptakan ruang bersama yang menjadi inti ruangan. Buat ruangan semakin longgar dengan menghindari penggunaan sekat permanen di bagian tengah.

Denah Rumah Minimalis 1 Lantai (5 Kamar Tidur dan Garasi)


via toprumahmodern.blogspot.com

Punya rumah dengan 5 kamar tidur? Waw, sepertinya bukan hal mustahil jika kamu memiliki lahan yang luas.

Untuk lahan seluas ini, tentunya akan lebih mudah berekspresi dengan hiasan atau dekorasi minimalis yang relevan.

Jangan lupa penerapan bentuk geometris, penggunaan aksen (bisa dari material atau cat yang lebih bold) dan permainan warna-warna yang yang sesuai agar tema minimalisnya bisa tercipta.

Tambahan ruangan lain seperti ruang keluarga, ruangan belajar khusus anak, hingga ruang theater pun bisa kamu tambahkan untuk lahan yang benar-benar luas.

via 99.co

Bagaimana dengan lahan luas dengan bentuk harizontal? No worries, desain sketsa rumah dengan 5 kamar tidur diatas ini bisa jadi pilihanmu.

Setiap ruangan bisa dibuat berdasakan fungsinya, sedangkan untuk bagian tengah bisa dibuat inti ruangan yang menggabungkan antara ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur.

So, sudah mulai terbayang dengan konsep interior rumah kamu? Intinya sesuaikan dengan budget dan kebutuhan yang ada.

Sebagai referensi, berbagai denah/sketsa rumah minimalis 1 lantai di atas bisa kamu jadikan inspirasi sebelum membangun rumah impian dengan konsep 1 lantai.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × two =