contoh rumah minimalis sederhana

Contoh Rumah Minimalis Sederhana: Gambar dan Model Terbaru 2020

Memiliki rumah yang besar, mewah, dan memiliki halaman yang luas sepertinya menjadi impian bagi semua orang. Namun, apa jadinya jika lahan yang dimiliki hanya cukup untuk membuat sepetak rumah.

Jangan kuatir, meskipun memiliki lahan yang sangat terbatas. Kamu masih tetap bisa mewujudkan rumah impian dengan desain minimalis.

Contoh rumah minimalis sederhana berikut ini bisa menjadi referensi untuk kamu yang memiliki lahan terbatas.

Ada banyak desain rumah sederhana terbaru yang bisa dipilih. Tentunya kamu bisa memilih berdasarkan selera. Dengan mengusung gaya minimalis, kamu bisa menampilkan sebuah hunian yang cantik, elegan, dan tampak menarik saat dipandang.

Dan yang paling penting hunian tersebut harus nyaman untuk seluruh anggota keluarga. Berikut deretan contoh desain rumah minimalis yang nampak sederhana untuk di kota maupun di desa.

Contoh Rumah Minimalis Sederhana 1 Lantai


via id.pinterest.com

Desain rumah minimalis selalu membuat decak kagum bagi siapa saja yang melihatnya.

Rumah yang tidak terlalu besar dengan desain yang unik dan modern seakan menjadi ciri khas dari rumah-rumah minimalis yang ada saat ini.

Contoh desain di atas adalah salah satu konsep rumah minimalis dengan halaman depan.

Penambahan ornamen bebatuan di bagian dinding teras menimbulkan kesan cantik nan elegan dengan perpaduan warna orange yang sedikit lebih kontras.

via expodesainrumah.blogspot.com

Memiliki lahan sempit bukan berarti kamu tidak bisa memiliki rumah impian dengan desain terbaik. Contoh desain di atas bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang memiliki lahan terbatas.

Meskipun terkesan kecil dan sederhana, namun dengan perpaduan unsur modern di bagian luar hunian nampak cantik dan unik.

Cocok untuk keluarga yang baru menikah dengan anggota yang tidak terlalu banyak.

Contoh Rumah Minimalis Sederhana 2 Lantai


via informazone.com

Jika rumah berlantai 1 tidak cukup untuk menampung seluruh keluarga, desain rumah sederhana lantai 2 ini bisa jadi pilihannya.

Rumah dengan gaya arsitektur modern yang memadukan unsur ruang terbuka seperti ini sangat tepat diterapkan untuk daerah perkotaan.

Dimana meskipun lahannya sempit, kamu tetap bisa memiliki hunian yang diinginkan.

Coba sisihkan sedikit lahan di bagian depan dan samping sebagai taman kecil yang membuat hunian semakin asri dan nampak sejuk.

kompasdesainrumah.blogspot.com

Contoh desain rumah sederhana lantai 2 ini juga bisa menjadi pilihan berikutnya.

Mengusung konsep yang sangat minimalis dengan aspek bebatuan di bagian lantai teras membuat rumah ini terlihat lebih artistik.

Penambahan balkon di lantai atas bisa digunakan sebagai tempat untuk bersantai sambil menikmati pemadangan sekitar.

Bisa menjadi solusi tepat untuk kamu yang memiliki lahan terbatas namun ingin membangun rumah dengan banyak ruangan.

Contoh Rumah Minimalis Sederhana 2 Kamar


via pinterest.com

Bagi yang baru saja menikah namun ingin segera memiliki rumah dengan dana yang sangat terbatas. Contoh desain minimalis di atas bisa jadi pilihannya.

Memiliki rumah sederhana dengan 2 kamar seperti ini bukan berarti kamu tidak bisa berkreasi dalam hal dekorasi. Coba ciptakan kesan alami dari sudut depan agar tampak manis dipandang.

Sisa lahan di samping rumah bisa dimanfaatkan untuk membuat taman kecil yang asri dengan penambahan beberapa aspek seperti bebatuan, rumput, atau bisa juga dengan membuat kolam ikan kecil di samping rumah.

via desainrumah.com

Penggunaan warna hijau muda memang nampak lebih asri dan sejuk untuk hunian-hunian bergaya minimalis.

Meskipun terkesan sederhana dan hanya memiliki 2 kamar saja, namun kamu bisa mempercantiknya dari sudut luar.

Penambahan taman kecil di bagian depan bisa digunakan sebagai alternatif untuk memberikan kesan alami. Sedangkan untuk bagian samping yang masih tersisa bisa digunakan sebagai tempat parkir mobil.

Contoh Rumah Minimalis Sederhana 3 Kamar


via hidupsimple.com

Jika memiliki anak lebih dari 1 rasanya mungkin sudah harus mulai berfikir untuk membuat rumah dengan 3 kamar sekaligus.

Contoh desain di atas merupakan rumah minimalis dengan 3 kamar yang cocok bagi keluarga yang memiliki anak lebih dari 1. Rumah ini didesain dengan menonjolkan sisi minimalis dengan penggunaan batu alam full untuk dinding bagian teras.

Selain itu ketersediaan garansi mobil tentunya cocok bagi yang sudah memiliki kendaraan roda 4. Nah, jika masih memiliki lahan sisa, bisa juga kamu manfaatkan sebagai pintu yang menjurus ke area belakang rumah.

via pinterest.com

Rumah dengan 3 kamar memang lebih ideal untuk keluarga yang sudah memiliki anak lebih dari 1. Dimana setiap anak akan memiliki kamar sendiri yang bisa mereka dekor sesuai keinginannya.

Untuk masalah desain, jangan kuatir! Contoh desain tampak depan di atas bisa jadi salah satu pilihan yang menarik.

Rumah minimalis bergaya modern seperti ini memang lebih cocok untuk kaum millenial baik untuk daerah perkotaan maupun pedesaan.

Contoh Rumah Minimalis Sederhana Type 36


via rumahpedia.com

Model rumah minimalis type 36 seperti ini masih menjadi favorit para keluarga baru. Rumah dengan ukuran 6 x 6 meter ini memang tidak terlalu besar, biasanya hanya dibuat dengan 1 atau 2 kamar tidur saja.

Cocok untuk lahan sempit terutama di daerah perkotaan. Dengan desain rumah yang nampak sederhana ini, kamu pun masih bisa menciptakan kesan menarik dari sudut bagian luar.

Penambahan aksen berupa taman kecil di bagian depan akan menambah kesan cantik dan juga asri untuk hunian bergaya minimalis sederhana seperti ini.

via polarumah.com

Memiliki lahan yang tidak terlalu luas sebenarnya bukan menjadi masalah dalam membangun rumah.

Desain rumah dengan type 36 ini bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu yang memiliki lahan terbatas dan biaya yang tidak terlalu banyak. Berapa jumlah kamar yang bisa ditampung? Untuk type 36 ini, maksimal kapasitasnya adalah 2 kamar tidur, cocok untuk keluarga kecil dengan anak satu ataupun keluarga muda yang belum dikarunia momongan.

Untuk tampilan luar, walaupun hanya rumah sederhana, dengan pemilihan warna yang tepat seperti diatas akan dapat menciptakan kesan harmonis yang tentunya akan membuat betah penghuninya.

Contoh Rumah Minimalis Sederhana Type 45


via pinterest.com

Di atas type 36, rumah dengan type 45 adalah pilihan tepat untuk kamu yang ingin memiliki 2 – 3 kamar tidur sekaligus. Rumah dengan type ini bisa dibangun pada lahan seluas 90 meter persegi.

Dengan ukuran yang lebih luas, kamu bisa menciptakan dekor rumah yang indah sesuai dengan keinginan. Rumah dengan type ini umumnya bisa dilengkapi dengan 1 garasi mobil di bagian samping.

Membangun taman kecil di depan rumah sepertinya menjadi pilihan agar hunian terlihat lebih sejuk dan alami.

Jika masih terdapat sisa lahan, gunakan untuk membangun ruang tambahan yang bermanfaat dalam aktivitas sehari-hari.

via pinterest.com

Desain dengan gaya minimalis modern seperti ini memang terlihat sedap di pandang mata. Bukan hanya bangunannya yang nampak lebih luas, namun gaya arsitektur yang unik dan menonjokan kesan minimalislah yang membuat rumah terlihat sangat cantik.

Penambahan ornamen seperti pot besar dengan taman di bagian depan dan samping rumah akan memberikan kesan yang lebih natural untuk hunian keluarga.

Desain dengan gaya minimalis modern seperti ini memang terlihat sedap di pandang mata.

Bukan hanya bangunannya yang nampak lebih luas, namun gaya arsitektur yang unik dan menonjokan kesan minimalislah yang membuat rumah terlihat sangat cantik.

Penambahan ornamen seperti pot besar dengan taman di bagian depan dan samping rumah akan memberikan kesan yang lebih natural juga.

Contoh Rumah Minimalis Sederhana di Kampung


via besibeton.net

Rumah di kampung memang lebih dominan dengan bangunan tradisional yang besar dan luas.

Namun, apa salahnya jika kamu memilih konsep desain rumah yang lebih minimalis?

Selain tidak membutuhkan lahan yang luas, pembangunan rumah minimalis juga lebih hemat dari segi biaya.

Desain rumah type 21 seperti ini selain banyak digunakan untuk perumahan KPR subsidi. Kamu juga bisa membangunnya sebagai hunian sederhana di kampung.

via abodeproperty.com

Contoh desain rumah sederhana yang cocok diterapkan di kampung bisa juga dengan model seperti di atas.

Tidak banyak membutuhkan lahan, kamu bahkan bisa membangunnya pada lahan hanya seluas 21 meter persegi.

Tidak banyak detail yang diperlihatkan, hanya sebuah bangunan sederhana dengan halaman kecil di bagian depan. Namun cocok untuk keluarga baru dengan anggota yang masih sedikit.

Pertanyaan Seputar Rumah Minimalis Sederhana


1. Rumah minimalis vs rumah sederhana, apa sih perbedaannya?

Banyak orang yang menganggap jika rumah minimalis sama dengan rumah sederhana. Meskipun memiliki makna yang hampir berdekatan, namun kedua konsep rumah ini memiliki perbedaan.

Rumah minimalis adalah sebuah hunian yang dibangun dengan konsep dan struktur paling mendasar, fungsional, namun tetap menonjolkan sisi estetika di dalamnya.

Sedangkan, rumah sederhana adalah sebuah hunian yang hanya menerapkan desain dan gaya yang tidak terlalu rumit dengan tingkat kesulitan yang relatif lebih kecil.

Meskipun hampir sama, namun keduanya memiliki arti yang berbeda.

Rumah minimalis dapat dikatakan sebagai rumah sederhana, sedangkan rumah sederhana belum tentu dapat disebut sebagai rumah minimalis.

Berikut perbedaan rumah minimalis dan rumah sederhana:

Elemen Esensial yang digunakan

Dalam desain rumah minimalis, elemen esensial menjadi unsur terpenting dalam pembuatan hunian ini. Elemen esensial dibuat dengan fungsi yang benar-benar digunakan, menghindari unsur yang bersifat boros atau tidak digunakan.

Meskipun desainnya lebih detail dan terkadang rumit, namun rumah minimalis dibuat dengan elemen fungsional yang lebih tinggi.

Berbeda dengan konsep rumah sederhana yang menghindari atau mengurangi sesuatu yang bersifat rumit dan kurang fungsional.

Tampilan geometris dan modern

Dalam sebuah hunian bergaya minimalis masih mengangkat tampilan geometris dan modern. Hal ini bisa dilihat dari setiap sudut yang dibuat dengan detail yang unik dan menarik.

Hal tersebut nampaknya tidak berlaku pada konsep rumah sederhana. Meskipun sama-sama dibuat dengan ukuran yang tidak terlalu besar, namun rumah sederhana tidak mementingkan setiap detail yang unik dan terkesan biasa-biasa saja.

Nilai estetika

Hal lain yang membedakan rumah minimalis dengan rumah sederhana adalah dari segi nilai estetika. Rumah berkonsep minimalis masih mengedepankan nilai estetika untuk menonjolkan sisi keunikan sehingga ketika dilihat nampak lebih cantik dan mempesona.

Sedangkan, pada rumah sederhana hampir tidak memiliki nilai estetika karena hanya dibuat dengan desain standar yang tidak terlalu rumit.

Elemen dekorasi

Pada hunian minimalis sangat meminimalisir penggunaan elemen dekorasi, desainnya hanya fokus pada elemen-elemen yang bersifat inti dan yang benar-benar dibutuhkan.

Sedangkan, pada hunian berkonsep sederhana masih mengedepankan elemen dekorasi walaupun hanya di bagian interiornya saja.

2. Berapa harga rumah minimalis sederhana?

Berbicara mengenai harga rumah dengan konsep minimalis sederhana tentu sangat bervariasi. Harganya bisa dikisaran Rp 100.000.000 – Rp 250.000.000.

Namun harga tersebut sangat sulit ditemui jika mencarinya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan lain sebagainya.

Jika pun ada mungkin rumah tersebut adalah rumah subsidi pemerintah dengan spesifikasi bangunan yang sangat minim.

Rumah minimalis murah dengan harga di bawah 200 juta akan lebih mudah ditemukan di kota-kota yang masih berkembang dan jauh dari pusat keramaian.

3. Dimana bisa membeli rumah minimalis sederhana di Jakarta?

Untuk kamu yang mencari perumahan minimalis sederhana di daerah Jakarta dan sekitarnya dengan harga termurah.

Solusinya adalah cari perumahan yang berada di daerah pinggiran Jakarta, seperti misalnya Tangerang, Serang, dan Depok.

Dimana daerah tersebut memiliki pasaran harga rumah yang lebih rendah dibanding dengan pusat kota Jakarta.

4. Tips memilih/membeli rumah minimalis sederhana, apa saja?

Model rumah bergaya minimalis sederhana seakan menjadi pilihan bagi banyak masyarakat saat ini. Selain harganya yang lebih terjangkau, ukuran lahan yang sempit menjadi alasan utama mengapa model rumah ini sangat digandrungi.

Meskipun terkesan mungil dan sederhana, namun rumah tersebut bisa menjadi hunian yang nyaman untuk keluarga.

Sebelum membeli rumah dengan konsep minimalis sederhana, ada beberapa tips yang harus diperhatikan:

Sesuaikan dengan dana yang dimiliki

Sebelum membeli rumah, ada baiknya jika kamu menyesuaikan dengan kondisi keuangan saat ini.

Jangan hanya karena ingin membeli rumah yang besar dan mewah, malah mengurungkan niat untuk membeli perumahan dengan harga yang lebih terjangkau.

Pastikan jika dana yang sudah terkumpul mampu untuk membeli rumah yang ideal sebagai tempat tinggal keluarga.

Perhatikan kualitas bangunan

Sebelum membeli sebuah properti baik itu rumah ataupun yang lainnya, perhatikan terlebih dahulu kualitas bangunannya. Kamu bisa melakukan survei untuk melihat bangunan yang akan dibeli.

Akan lebih baiknya lagi, pilih pengembang yang sudah memiliki kredibilitas baik.

Meskipun harganya lebih mahal, namun kualitas bangunan yang unggul tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan tersendiri.

Pertimbangan lokasi

Tren membeli rumah di area pinggiran kota seakan sudah menjadi hal biasa untuk saat ini. Selain pertimbangan harga yang lebih murah, ketersediaan lahan yang masih cukup luas menjadi alasan berikutnya.

Namun jika lokasinya terlalu jauh dari pusat kota, sekolah, kantor atau tempat beraktivitas sehari-hari. Sebaiknya, pertimbangkan juga dari sisi estimasi waktu dan biaya yang harus kamu keluarkan setiap hari untuk menjangkau lokasi-lokasi tersebut.

Pilih desain yang menarik

Untuk saat ini membeli rumah bergaya minimalis seakan terasa mudah untuk dilakukan.

Selain banyak perusahaan properti yang berlomba menawarkan konsep rumah terbaik dengan harga terjangkau. Kamu juga bisa memilih desain yang paling menarik.

Tidak masalah jika harga lebih mahal sedikit asalkan desain rumah sesuai dengan yang kamu inginkan.

Pertimbangkan tingkat kenyamanan

Hal yang paling penting dalam memilih atau membeli perumahan minimalis sederhana adalah harus nyaman untuk ditempati.

Jangan sampai karena tergiur harga murah kamu jadi mengesampingkan tingkat kenyamanan. Dimana rumah menjadi properti jangka panjang yang akan ditempati dalam waktu lama atau bahkan seumur hidup.

Kelengkapan fasilitas

Sebelum membeli rumah baik itu dengan desain atau model apapun, perhatikan kelengkapan fasilitas baik di luar maupun dalam rumah.

Kelengkapan fasilitas dapat dilihat dari ketersediaan ruang tamu, toilet, kamar tidur, dapur, sumber mata air/sumur, listrik, taman, garasi, dan lain-lain.

Semua yang diperlukan harus ada dalam rumah yang akan dibeli. Jika fasilitasnya kurang lengkap atau tidak sama dengan apa yang ditawarkan sebaiknya pikir ulang kembali.

Jika selama ini banyak orang berangan-angan untuk memiliki rumah yang besar dan mewah, sepertinya hal itu harus dipikirkan kembali.

Dengan ketersediaan lahan yang sangat terbatas dan dana yang tidak terlalu banyak, semoga beberapa contoh rumah minimalis sederhana di atas bisa menjadi referensi yang tepat.


Baca Juga:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + one =