warna cat rumah minimalis

Warna Cat Rumah Minimalis: Contoh, Variasi dan Tren Terbaru 2020

Pemilihan warna cat rumah memang menjadi salah satu elemen penting tersendiri. Karena melalui kombinasi warna yang pas, kita bisa menciptakan mood atau menghadirkan nuansa baru dalam setiap hunian.

Tak heran jika banyak orang mengubah warna cat rumah sesuai dengan tren terbaru atau karakteristik suasana tertentu.

Tidak sedikit dari mereka yang mencoba menggunakan warna-warna soft atau netral dengan alasan agar tidak lekang oleh zaman ataupun agar lebih bisa menampilkan aksen tertentu dari furnitur.

Nah, untuk kamu yang ingin menciptakan konsep rumah minimalis dengan warna-warna terbaik, coba simak deretan tren warna minimalis kekinian di bawah ini.

Panduan Variasi Warna Cat Rumah Minimalis


Dalam konsep hunian minimalis, pemilihan warna cat memang sangat berpengaruh pada unsur keindahan dan keminimalisan.

Setiap warna yang dipilih akan menciptakan unsur baru dalam hunian. Jangan sampai karena salah pilih, hunian jadi terlihat membosankan atau bahkan sampai mempengaruhi tingkat kenyamanan pemiliknya.

via dekoruma.com

Pemilihan tertema soft memang sangat cantik untuk hunian dengan konsep minimalis. Kesan sederhana namun menarik akan semakin bisa terlihat.

Kamu bisa menggunakan beberapa variasi warna agar tampilan rumah tidak membosankan. Salah satunya seperti gambar di atas.

Perpaduan warna snowbound dan folkstone seperti diatas sangat menarik untuk dipilih. Selain terlihat lebih netral, warna-warna seperti ini juga trending untuk rumah-rumah seperti ini.

Agar warnanya tidak terlalu membosankan, kamu masih bisa menggunakan paduan warna crape untuk setiap detail disisi rumah. Warna tersebut akan nampak lebih hidup jika dipadukan dengan warna abu-abu.

via cantik.tempo.co

Permainan warna abu-abu juga tampak menarik untuk hunian dengan konsep minimal seperti gambar diatas. Warnanya yang terlihat netral akan memberikan kesan indah dan sederhana untuk tampilan rumah kamu.

Jika ingin menggunakan perpaduan warna abu-abu, sebaiknya pilih karakter abu-abu muda yang cenderung cerah agar rumah terlihat cukup cahaya meskipun di malam hari.

Penggunaan furniture dengan warna senada sepertinya menjadi pilihan tepat agar ruangan terlihat semakin hidup dan nampak seimbang.

via dekoruma.com

Menyandingkan warna buttermilk dan putih juga bisa menjadi pilihan cantik. Warnanya yang tidak terlalu terang akan menciptakan kesan soft dan minimalis.

Kamu bisa menggunakan warna-warna netral seperti ini untuk ruangan bagian dalam, seperti halnya ruang tamu ataupun ruang keluarga.

via 99.co

Warna abu-abu memang memiliki varian yang cukup banyak. Kamu bisa membalut setiap ruangan dengan warna dasar seperti ini.

Selain tampilannya yang terlihat lebih kalem, warna abu-abu juga bisa memberikan kesan yang nampak lebih natural, cocok untuk style hunian minimalis.

Biasanya warna seperti ini digunakan untuk ruangan bagian dalam.

Kamu juga bisa mengkolaborasikan permainan warna lain seperti snow white agar tampilannya terlihat lebih elegan dan bercahaya.

via kamarkeren.com

Mengkombinasikan 3 warna cat sekaligus juga bisa dilakukan demi menciptakan nuansa baru pada hunian bergaya minimalis seperti gambar diatas.

Warna-warna lembut tentunya adalah pilihan yang sesuai. Selain memberikan nuansa tenang, rumah pun akan terlihat semakin terkesan natural dengan background warna yang tidak terlalu mencolok/terang seperti diatas.

via suryapost.blogspot.com

Penggunaan warna Pastel memang terlihat lebih segar untuk konsep ruangan minimalis.

Selain menampilkan sisi ruangan yang lebih hidup, jenis warna yang kalem juga bisa menghadirkan kesan natural.

Cobalah bereksperimen dengan memadukan 2 – 3 warna pastel untuk tampilan ruang yang lebih cantik dan menarik.

Contoh Warna Cat Rumah Minimalis Bagian Dalam


Ruangan bagian dalam sebuah hunian tentunya sangat penting dan tak boleh ditinggalkan sisi keindahannya.

Tampilan ruangan yang cantik akan memberikan efek positif bagi si pemiliknya.

Bahkan bukan hanya itu saja, untuk para tamu yang berkunjung pun pasti akan terkesan ketika melihat ruangan dengan balutan warna-warna yang menarik saat dipandang.

Untuk menciptakan sisi ruangan yang cantik dan nyaman bagi pemilik rumah. Pemilihan warna cat pun memang harus serius diperhatikan.

Mencari inspirasi contoh-contoh warna cat rumah minimalis bagian dalam yang apik? Yuk, coba simak warna-warna cat rumah di bawah ini.

via casaindonesia.com

Meskipun ada banyak rumah dengan konsep minimalis menggunakan cat dengan warna yang lebih terang dan berani, namun sepertinya warna-warna soft tetap menjadi pilihan terbaik.

Mengapa begitu? Karena warna lembut akan membuat mood penghuni rumah menjadi lebih baik, adem, memberikan kesan natural pada hunian, dan tentunya tepat untuk hunian dengan konsep minimalis modern maupun rumah sederhana.

Jika kamu ingin memberikan kesan yang lebih hidup pada ruangan bagian dalam. Penggunaan warna lilac seperti ini bisa kamu coba.

Warna lilac merupakan gabungan antara pink dan ungu muda. warna ini dianggap sebagai simbol ketenangan dan ekspresi diri.

Kamu bisa safe menggunakan cat warna lilac untuk bagian dalam: seperti ruang tamu, ruang keluarga, ataupun kamar tidur.

via arsitag.com

Bagaimana dengan lantai porcelain? Konsep ruang tidur dengan dominasi warna senada dengan warna porcelain nampaknya juga sangat pas untuk kamu yang suka warna-warna netral.

Kelebihan utama dari penggunaan warna netral adalah warnanya yang tidak cepat membosankan.

Bahkan furnitur yang digunakan pun bisa langsung masuk dengan warna yang tidak terlihat bertabrakan. Kesan tenang dan damai pun seakan terlihat pada warna cat yang satu ini.

via tokopedia.com

Ingin mengedepankan unsur kesederhanaan dalam desain interior ruangan? Cobalah bereksperimen dengan warna-warna monokrom yang netral.

Warna monokrom yang terbentuk dari warna abu-abu, hitam, dan putih akan menghadrikan kesan elegan, sangat cocok bangunan minimalis.

Bahkan bisa dibilang warna-warna netral seperti ini tidak ada masa kadaluarsanya sehingga tidak cepat membosankan.

via desaininteriormalang.com

Bagaimana dengan dapur?

Untuk dapur, warna biru pastel juga sangat cocok diaplikasikan.

Selain warnanya yang terlihat lebih hidup, kesan lembut pun seakan terlihat pada ruangan dengan warna tembok seperti ini.

Playing safe? Kombinasikan dengan warna lain yang senada. Kamu juga bisa menggunakan warna putih gradasi yang lebih menarik dibandingkan putih polos.

via designrumah.com

Kemudain, jika kamu memiliki ruang makan yang tidak terlalu luas, sebaiknya gunakan warna-warna yang memberikan efek gradasi agar ruangan terlihat lebih luas.

Penggunaan warna lembut seperti ini sangat sesuai untuk dinding ruang makan. Warnanya tidak terlalu norak namun tetap sedap dipandang.

Pantulan cahaya dari luar pun akan menambah kesan hidup untuk ruangan-ruangan dengan ukuran yang tidak terlalu besar seperti ini.

Contoh Warna Cat Rumah Minimalis Bagian Luar


Warna cat rumah bagian luar bisa dikatakan sebagai elemen terpenting pada hunian. Saat survei lokasi untuk membeli rumah pun, selain konsep bangunan yang unik, warna juga bisa menjadi hal yang mampu menarik perhatian seseorang.

Jika ingin memiliki hunian yang cantik dan terlihat menarik, warna cat bagian luar memang tak bisa dipandang sebelah mata.

Jangan sampai kesalahan memilih warna mengurangi nilai artistik dari bangunan tersebut. Lantas, seperti apa sih warna cat dinding bagian luar yang pas untuk dipilih?

via dekoruma.com

Sesuaikan pemilihan warna cat untuk dinding bagian luar dengan konsep bangunannya. Jangan sampai warna yang kamu pilih bertabrakan.

Untuk rumah-rumah berkonsep minimalis, pemilihan warna yang cendrung pastel dan soft tentunya lebih tepat.

Selain menyesuaikan karakteristik minimalis yang natural, warna-warna kalem ini juga tidak cepat membosankan.

Untuk kamu yang ingin menciptkan kesan natural pada hunian, cat dinding berwarna lilac sepertinya cocok untuk dipilih. Selain kesan naturalnya lebih hidup, warna-warna sejenis ini juga memberikan kesan elegan untuk tampilan rumah bagian depan.

Sangat cocok untuk konsep minimalist housing sederhana yang tidak banyak menggunakan detil bangunan tertentu.

via pelephante.com

Selanjutnya, perpaduan warna abu-abu muda dan tua juga bisa menjadi opsi yang bagus untuk dinding bagian luar rumahmu.

Warnanya yang nampak redup dan kalem akan sangat elok jika ditambah dengan pencahayaan yang cukup.

Terlihat adem di siang hari dan elegan di malam hari. Cobalah aplikasikan 2 warna ini untuk dinding bagian luar.

via seon.co.id

Memang warna putih masih menjadi yang paling favorit untuk konsep hunian apa saja. Warnanya yang sangat netral bisa diterapkan di bagian luar maupun dalam bangunan.

Namun, untuk memberikan efek gradasi agar tampilan rumah semakin hidup, kamu bisa memilih warna putih kombinasi.

Warna putih seperti ini dipercaya mampu memberikan efek bangunan menjadi lebih hidup dan nampak lebih anggun saat dipandang.

via rumahkecilminimalis.com

Penggunaan warna abu-abu kombinasi seperti diatas juga bisa di contoh untuk rumah dengan konsep minimalis klasik bergaya Eropa.

Kesan klasik memang begitu terlihat dari pemilihan desain rumahnya, namun akan lebih terlihat lagi apabila kamu tepat memilih warna cat temboknya.

Variasi warna di atas sepertinya bisa menjadi inspirasi tersendiri untuk menciptakan hunian cantik dengan gaya klasik yang lebih menonjol.

via arsitag.com

Kombinasi warna abu-abu tua dan putih memang selalu tepat untuk hunian model minimalis lantai 2 seperti ini.

Abu-abu yang terkesan kalem akan memberikan efek redup pada hunian, sedangkan warna putih dipercaya mampu memberikan efek luas.

Jika digabung kedua warna ini mampu memberikan efek yang seimbang (balance) cocok untuk tampilan rumah dengan konsep minimalis.

via deagamdesign.com

Masih dengan warna abu-abu, kali ini kamu bisa mengkombinasikan warna abu-abu silver dengan warna abu-abu gainsboro.

Kedua warna ini merupakan turunan dari warna abu-abu yang telah dikombinasikan.

Jika kamu ingin menciptakan hunian asri yang nampak natural, kedua warna ini bisa jadi pilihannya. Warnanya yang terkesan tenang membuat rumah semakin cantik dengan tampilan warna cat tembok ini. 

Untuk menonjolkan detail bangunan, kamu bisa memadukan warna putih untuk setiap sisi ornamen yang disematkan.

via grid.id

Warna netral seperti putih mampu memberikan efek lebih terang sehingga hunian terlihat lebih luas dan besar.

Jika bosan dengan warna putih asli, cobalah pilih warna putih kombinasi dengan efek gradasi seperti gambar di atas.

Ingin menonjolkan detail tertentu? coba sandingkan warna ini dengan warna putih kombinasi jenis lainnya.

Hal ini akan membantu membedakan setiap bagian, detail, atau ornamen tertentu yang tersemat pada bangunan.

via rumahunik.com

Putih dan abu-abu muda sepertinya menjadi warna yang pas untuk kamu yang ingin menonjolkan sisi elegan pada hunian.

Tidak perlu memainkan banyak warna, kamu bisa memilih warna dasar abu-abu muda untuk tampilan dinding luar.

Gunakan warna putih untuk memberikan efek lis yang tegas namun lembut di setiap sisi detail bangunan.

Sehingga jika dilihat seperti ada perbedaan namun tidak terlalu mencolok.

via arsitag.com

Bukan hanya cocok digunakan untuk bagian dalam saja, warna abu lilac yang terlihat hangat juga nampak menarik jika kamu aplikasikan di dinding bagian depan.

Warnanya yang sangat kalem memberikan efek menyejukkan untuk hunian-hunian berkonsep minimalis.

Warna Cat Rumah Minimalis (Dulux Brand)


Untuk menciptakan rumah yang cantik dan nampak menarik, cat warna dinding memang harus dipilih dengan tepat. Warna cat menjadi elemen yang sangat penting, apalagi untuk rumah bergaya minimalis.

Selain mempercantik tampilan rumah, baik sisi luar maupun dalam, cat juga berfungsi untuk melindungi bagian dinding agar lebih awet dan tahan lama.

Saat ini ada banyak sekali merek cat yang bisa dipilih. salah satu produk cat pilihan yang banyak digunakan oleh pecinta minimalist home design di Indonesia adalah cat tembok Dulux.

Berikut adalah beberapa warna cat tembok rumah minimalis dari Dulux, yang mungkin bisa jadi inspirasi untuk tampilan rumah kamu.

via dulux.com
via idntimes.com

Warna abu-abu masih menjadi tren sendiri untuk cat tembok rumah dengan konsep minimalis.

Warnanya yang netral dan kalem membuat warna ini jadi pilihan banyak orang untuk menciptakan nuansa dan suasana baru pada hunian minimalis.

Kamu bisa mengkombinasikan warna lain untuk tampilan dinding yang lebih menarik dengan efek gradasi yang lebih bervariasi. Terutama untuk menonjolkan lis atau detail-detail tertentu.

via sentrabangunan malang.com
via dulux.com

Ingin lebih cerah? warna AntiqueWhite by Dulux ini juga bisa jadi solusi untuk warna dinding bagian dalam.

Warnanya yang lembut namun relatif cerah ini nampak lebih hidup. Mampu memberikan efek indah di setiap sudut ruangan kamu.

Kamu bisa berekspresi memainkan warna seperti ini untuk kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, ataupun ruang keluarga.

via blibli.com

Selain dua warna di atas, Dulux masih memiliki sederet warna yang bisa kamu pilih untuk mempercantik tampilan rumah.

Warna-warna dengan tema pastel lembut sepertinya masih menjadi favorit dan bahkan sedang ngetren di tahun ini.

Coba kombinasikan beberapa warna untuk mendapatkan tampilan rumah yang lebih unik, cantik, dan terlihat menarik.

Sudah menjatuhkan pilihan warna cat rumah minimalis kamu?

Pemilihan warna memang sangat berpengaruh pada nilai artistik hunian. Jadi, pilihlah warna terbaik agar konsep rumah kamu semakin menonjol, nampak lebih cantik, dan tentunya nyaman bagi seluruh anggota keluarga.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + four =